Kamis, 24 Juni 2010

ANALISIS SWOT PRODUK KECANTIKAN POND’S

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam penyusunan tugas Manajemen Strategi yang berjudul “Analisis Swot pada Produk Kecantikan” ini, penulis mempunyai latar belakang dalam pembuatan makalah ini yaitu menjelaskan tentang Sejarah Pond’s,jenis dan harga Pond’s,Strategi dan taktik Pond’s, Siklus produk Pond’s,Analisis Swot pada Pond’s,Menjelaskan tentang Produk Pond's Flawless White dan Pond’s Age Miracle Teknologi ANTI-AGING dan CLA (Conjugated Linoleic Acid) .

,

1.2 Tujuan

Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini :

· Untuk Mengetaui Produk Pond’s yang terbaru.

· Untuk mengetahui Swot produk Pond’s.

· Untuk memenuhi Nilai Manajemen Strategi.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 SEJARAH POND’S

Dalam era modern ini, para wanita begitu dimanjakan dengan berbagai produk yang dapat membantu kecantikan wanita. Namun pernahkah kita merasa bersyukur hidup di jaman ini? Pernahkah anda membayangkan orang jaman dahulu harus menggunakan krim yang lengket dan tidak meresap di kulit untuk melindungi dari sinar matahari? Oleh karena itu, ada baiknya kita sedikit mengetahui bagaimana sejarah penemuan penting dalam dunia kecantikan.
Abad 18 merupakan awal terciptanya banyak penemuan dalam
dunia kecantikan manusia. Tahun 1846 di Amerika, Theron T. Pond menemukan bahwa sari pati teh witch hazel dapat menyembukan goresan kecil pada luka, yang kemudian saat ini dikenal dengan nama Pond’s Extract. Tahun 1859, Robert A. Chesebrough menemukan getah kayu mentah yang disuling menjadi gel berwarna terang, dan kemudian dikenal dengan nama Vaseline. Tahun 1870, Dr. Charles Browne membuat pelembab bibir yang terbuat dari lilin tanpa sumbu dan dibungkus dengan kertas timah yang saat ini dikenal dengan nama lip balm. Di tahun 1890, ditemukan bedak tabur yang aman digunakan oleh bayi dan orang dewasa yang dibuat oleh Johnson & Johnson. Masih di tahun yang sama, Alexandre Gidefoy menciptakan hair dryer pertama, dimana sebelumnya merupakan adaptasi dari mesin penghisap debu
Kemudian berlanjut memasuki abad 19, dimulai tahun 1900an Charles Nestle menciptakan alat pengeriting rambut pertama yang masih sederhana. Tahun 1905, Sarah Breedlove McWilliams Walker menemukan sebuah metode untuk menghaluskan rambut wanita negro dengan menggunakan sisir panas. Tahun 1916, Bobby Pins mempopulerkan jepit rambut untuk pertama kali di amerika. Tahun 1923, Leo Gerstenzang menciptakan kapas yang disematkan pada plastic tipis dan saat ini dikenal dengan nama Cotton Bud. Tahun 1930, HA Milton Blake menciptakan krim yang dapat mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.

Tahun 1937, Alfred Woelbing menciptakan balsam dari bahan menthol, camphor, dan phenol untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Tahun 1940, Helen Barnet menciptakan deodorant dalam bentuk roll on. Tahun 1944, Benjamin Greene menciptakan suntan cream untuk melindungi kulit tentara dari sinar matahari, dimana awalnya krim tersebut masih lengket dan berwarna merah, namun kemudian terus dikembangkan menjadi tabir surya UVA dan UVB di tahun 80an. Tahun 1946, Estee Lauder membuat produk kosmetik dalam bentuk cream dan lotion.

2.2 SIKLUS HIDUP PRODUK


Pada tahap pengenalan dan selama pertama kali diluncurkan, hanya produk POND'S POND'S Pembersihan adalah Sabun Wajah.
Seiring dengan kemajuan, dalam tahap pertumbuhan sampai tahap jatuh tempo, POND'S telah menciptakan inovasi dalam memproduksi krim malam dan krim menodai remover yang telah berhasil di pasaran, yang disebut: POND'S WHITE sempurna.

Pond's Flawless White adalah Produk pemutih Wajah Dan Bahan Artikel Baru kandungan alaminya dalam memutihkan Kulit Yang dapat 7 Hari saja. Visible Lightning Day Cream Artikel Baru diperkaya Dan Kompleks VAO-B3 pelindung sinar Matahari USING ganda, pelembab dalam nama dan Kembali Krim Kulit memucat Ekstra dimana membutuhkan pertolongan. Kulit Tampak Hasilnya: Lebih putih, net, terasa halus, bersinar Dan juga terlindung USING sinar Matahari. Menjawab kebutuhan tersebut, kini PT Unilever Indonesia memperkenalkan Pond's Flawless White yang mengetahui keinginan perempuan Indonesia untuk memiliki wajah lebih cerah dan sehat.

"Pond's Flawless White meyakini dan menghargai keinginan setiap perempuan Indonesia untuk mempercantik diri dengan kulit yang senantiasa sehat dan tampak lebih putih. Bahkan tak hanya penampilan luar saja, produk ini juga dapat membantu untuk menumbuhkan perasaan cantik, bahagia, dan nyaman pada diri setiap perempuan untuk mencintai dan dicintai, termasuk untuk menemukan cinta sejatinya," tutur Senior Brand Manager Pond's, PT Unilever Indonesia, Fiona Anjani Foebe saat ditemui okezone di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Produk ini mengandung formulasi VAO-B3 dan Vitamin E. Vitamin B3 atau dikenal sebagai Niacinamide merupakan komposisi utama teknologi pencerah kulit dari Pond's. Pertama kali ditemukan dan dipatenkan oleh Unilever, terbukti mempu mengunci sel melanin di bawah kulit sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah.

Sementara untuk menjawab kebutuhan perempuan Indonesia yang menderita noda karena aging dan matahari, noda bekas jerawat, melasma, dan flek, maka membutuhkan produk yang dapat memperbaikinya. Dalam kandungan produk ini telah terbukti mengandung formulasi yang menghilangkan noda hitam dan jerawat.
"Vitamin E merupakan antioksidan yang ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga mengurangi proses pigmentasi pada kulit wajah. Sementara allantoin merupakan kandungan aktif yang mampu melindungi kulit serta membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat pada kulit wajah," ucap Fiona. Sedangkan kandungan optics dapat memberikan efek langsung agar kulit nampak lebih cerah secara merata, dan terlihat mengkilap.

Fiona mengklaim kandungan produk ini tak hanya mampu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat saja, namun juga mampu membuat kulit tampak lebih putih, terasa halus, dan bersinar dalam tujuh hari.

"Kandungan Pond's amat aman digunakan untuk kulit. Kendati begitu, sebelum menggunakan produk ini, sebaiknya sehari sebelumnya dicoba dulu di kulit tangan sebelum wajah. Bila tidak bermasalah dan dapat menggunakannya, Anda bisa melihat perubahan pada kulit wajah dalam waktu 7 hari," paparnya. Produk yang memiliki target market wanita berusia 20 tahun hingga ibu-ibu rumah tangga ini dapat diperoleh dengan kisaran harga Rp49 ribu.

Re-Brightning Night Treatment Artikel Baru Artikel Baru Ekstra menutrisi Kompleks VAO-B3, Suami Malam Krim Kulit membantu merawat sehari-hari Dan secara Aktif membuat Kulit Tampak lebih putih saat nama dan Kembali Tidur.






pic-10260508060987.jpg



2.3 ANALISIS SWOT

2.3.1 STRENGHT (KEKUATAN )

* POND'S telah banyak produk-produk berkualitas baik yang merawat dan mengembalikan keseimbangan alami kulit. Varietas meliputi Shaker Cleanser, Facial Foam, dan Night Cream.

* Produk kami bebas dari racun dan merkuri.

* Produk itu dapat dengan mudah ditemukan di toko serba ada, terutama di Jakarta.

* Kemasan produk POND'S yang eye-catching, cocok untuk target pasar yang feminin dan keindahan tempat di prioritas.

2.3.2WEAKNESS(KELEMAHAN)

v POND'S Flawless White hanya memiliki satu ukuran kemasan. Ini mungkin masalah konsumen yang ingin membeli satu ukuran lebih besar, dan konsumen baru yang ingin persidangan.

v Hanya memiliki satu parfum.

v Pembagian POND'S Flawless PUTIH tidak cukup baik-menyebar. Itu belum mencapai toko-toko tradisional di desa-desa terpencil di Indonesia.

v Harga POND'S Flawless WHITE cukup tinggi

2.3.3OPPORTUNITIES( PELUANG)

· POND'S sangat populer di kalangan pelanggan Indonesia yang akan membawa kepercayaan jika POND'S adalah untuk memulai rantai lain produk-produknya.

· POND'S masih memiliki peluang besar untuk memasarkan produknya ke kota-kota lain dan daerah di seluruh Indonesia.

2.3.4THREATS( ANCAMAN )

§ Harga Terjangkau kosmetik dikenal secara internasional.

§ Ada pertumbuhan jumlah orang yang bertawakal lebih lanjut tentang dokter perawatan kulit, misalnya: Erha Clinic.

§ Ada orang yang menyalahgunakan tempat kemasan untuk ditukar dengan produk lain dengan kualitas kurang.

2.4 POND’S STRATEGI&TAKTIK

ponds-triple-action-moisturiser.jpg

1.Srategi POND'S meningkatkan loyalitas merek dan kepercayaan di antara pelanggan dan pelanggan baru.
Taktik:
Promosi: Menciptakan kegiatan berdasarkan customer care. Sebagai contoh: tes kulit di berbagai department store dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat. Kejadian-kejadian ini harus dilakukan sebagai mengagumkan mungkin untuk menarik perhatian.
Orang-orang: ini peristiwa harus dilayani oleh SPGs indah (Sales Promotion Girl) yang memiliki pengetahuan yang memadai dalam produk POND'S.
Bukti Fisik: Gedung set dan dekorasi peristiwa harus dibuat sesuai untuk target pasar POND'S. Sebagian besar dengan warna merah muda, merah, dan putih, mirip dengan kemasan produk POND'S.

2. Strategi: Meningkatkan penjualan.
Taktik:

Distribusi: Memperluas distribusi produk POND'S juga di kota-kota yang kurang populer dan di kota-kota kecil di seluruh Indonesia dengan membangun agen penjualan.
Orang-orang: Karena POND'S yang baru untuk kota-kota ini, para agen penjualan dan juga pelanggan baru harus disediakan dengan produk-pelatihan. Hal ini akan membuat produk menjadi user-friendly dan membuat ikatan antara POND'S dan pelanggannya.
3. Strategi: Meningkatkan brand image POND'S serta untuk meningkatkan penjualan dengan membuat peristiwa luar biasa tahun 2009 Miss POND'S.
Taktik:
Promosi: acara tahun ini harus dibuat mewah dan disajikan hidup dalam siaran publik nasional (stasiun televisi). Para pendaftar hanya bisa masuk ke dalam persaingan dengan mengisi formulir terlampir untuk produk POND'S. Tujuan ini untuk meningkatkan penjualan.
Orang-orang: Para tokoh masyarakat yang telah membintangi berbagai POND'S iklan harus dibawa bersama-sama dalam acara ini. Pemenang Miss POND'S 2009 akan menjadi duta POND'S tahun.

2.5 Pond's Age Miracle

Diluncurkan pada akhir Desember 2006, produk andalan Pond's Institute ini diramalkan akan laris manis. Betapa tidak, produk anti penuaan yang berjanji dapat mengurangi kerut-merut secara bermakna hanya dalam waktu 7 hari ini dipersenjatai CLA (Conjugated Linoleic Acid (CLA/asam linoleat terkonjugasi), yang bekerja meremajakan lapisan terdalam kulit, menampilkan sel-sel kulit baru yang lebih muda dan segar ke permukaan hadir dengan harga ekonomis dan 'sopan' bagi kantong. Dengan Pond’s Age Miracle, siklus peremajaan kulit berkurang menjadi 30 hari dari 45 hari. Harga berkisar Rp25.000-Rp135.000 (terdiri enam produk)

adved_1168515072

Mengenai keampuhan Retinol booster ini, Fiona lebih jauh menjelaskan bahwa sudah ada uji riset yang membandingan antara New Pond’s Age Miracle milik Pond’s dengan produk anti-aging brand terkenal. Hasilnya, lebih dari 300 perempuan Asia yang ikut sebuah blind test dari Badan Riset Independen mengatakan New Pond’s Age Miracle terbukti lebih unggul 84% dalam hal kepuasan terhadap produk secara umum. “Jadi, teknologi teranyar ini tidak saja menjadikan Pond’s age miracle lebih baik, namun juga mampu bersaing dengan produk anti-aging dari prestige brand,” ujar Fiona menambahkan.

Retinol sendiri telah diakui oleh pakar-pakar ilmiah dunia akan kekhasiatannya dalam memperlambat proses penuaan. Bersama dengan bahan aktif anti-aging Advanced CLA4 Complex yang terdiri dari AHA, CLA, Retinol dan Retinol Boosters menciptakan kombinasi sempurna untuk kulit tampak lebih muda hanya dalam 7 hari.

Setiap hari sel kulit selalu berganti. Sel-sel kulit yang mati akan tergantikan dengan sel-sel kulit yang baru. Namun, seiring dengan usia, regenarasi kulit secara alami ini tidak selamanya lancar. Karena itu kulit butuh 'dorongan'. AHA pada bagian Stratum Corneum (yang terletak di bawah lapisan teratas kulit) akan memperbaiki penampilan dan tekstur kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga dapat digantikan dengan sel-sel kulit baru.

CLA akan menstimulasi aktifitas kulit yang sehat untuk pembentukan sel-sel kulit baru dan mempertahankan kadar collagen yang sehat. Retinol adalah bahan anti-aging terbaik dan merupakan bentuk dari Vitamin A yang dapat ditemukan pada kulit secara alami.

adved_1208946606

Retinol akan masuk ke dalam kulit lebih dalam, sehingga membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan menstimulasi produksi collagen. Retinol Boosters memaksimalkan efek dari Retinol pada kulit dengan membuat Retinol bekerja lebih cepat. Formula inilah yang membuat Pond’s dapat memberikan kulit yang terlihat lebih muda dan lebih halus dengan membantu mengurangi vlek hitam penuaan dan kerutan hanya dalam 7 hari dan telah teruji secara klinis.

New Pond’s Age Miracle memberikan solusi yang dapat memberikan keajaiban pada kulit perempuan. Tidak lagi too good to be true karena keajaiban memang dapat terjadi terutama dalam hidup perempuan. New Pond’s Age Miracle hadir dalam 8 varian, yang terdiri dari 6 varian daily care dan 2 varian untuk special care. Salah satu dari spesial care adalah microdermabrasion kit yang merupakan paket perawatan microdermabrasi pertama yang bisa Anda beli dan lakukan sendiri di rumah.

2.6 Teknologi ANTI-AGING Terbaik Kini Dimiliki oleh POND’S AGE MIRACLE

New Pond’s age miracle bahkan mampu bersaing dengan Prestige BrandPond’s age miracle, produk kecantikan kulit wajah dari Pond’s yang begitu dicintai perempuan di Asia, kini hadir dengan formula yang disempurnakan. Melalui terobosan baru, Pond's Institute telah menemukan suatu formula revolusioner yang disebut 'Retinol Boosters'.

Fiona Anjani Foebe, Senior Brand Manager Pond’s PT Unilever Indonesia Tbk pada acara peluncuran New Pond’s age miracle mengatakan, "New Pond’s age miracle dengan Retinol Boosters menyempurnakan kinerja Retinol sebagai teknologi anti-aging terbaik yang dimiliki oleh Pond’s.” Retinol Boosters yang dalam proses dipatenkan oleh Pond’s Institute ini, memaksimalkan efek dari Retinol pada kulit dengan membuat Retinol bekerja lebih cepat. Retinol telah diakui oleh pakar-pakar ilmiah dunia akan kekhasiatannya dalam memperlambat proses penuaan. Bersama dengan bahan aktif anti-aging Advanced CLA4 Complex yang terdiri dari AHA, CLA, Retinol dan Retinol Boosters menciptakan kombinasi sempurna untuk kulit tampak lebih muda hanya dalam 7 hari.

Teknologi Advanced CLA4 Complex ini membantu memperlambat proses penuaan.Lebih jauh Fiona menjelaskan, AHA pada bagian Stratum Corneum (yang terletak di bawah lapisan teratas kulit) akan memperbaiki penampilan dan tekstur kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga dapat digantikan dengan sel-sel kulit baru. CLA akan menstimulasi aktifitas kulit yang sehat untuk pembentukan sel-sel kulit baru dan mempertahankan kadar collagen yang sehat. Retinol adalah bahan anti-aging terbaik dan merupakan bentuk dari Vitamin A yang dapat ditemukan pada kulit secara alami. Retinol akan masuk ke dalam kulit lebih dalam, sehingga membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan menstimulasi produksi collagen. Retinol Boosters memaksimalkan efek dari Retinol pada kulit dengan membuat Retinol bekerja lebih cepat.

Pond’s age miracle baru adalah rangkaian produk yang komprehensif yang secara khusus didesain untuk memberikan kulit yang terlihat lebih muda dan lebih halus dengan membantu mengurangi vlek hitam penuaan dan kerutan hanya dalam 7 hari yang telah teruji secara klinis.

Mengenai keampuhan Retinol Boosters, Fiona menambahkan, “Teknologi teranyar ini tidak saja menjadikan Pond’s age miracle lebih baik, namun juga mampu bersaing dengan produk anti-aging dari prestige brand.” Argumentasi ini didasari atas riset uji produk blind test oleh sebuah Badan Riset Independen yang dilakukan terhadap lebih dari 300 perempuan Asia yang mencoba New Pond’s age miracle bersama 3 produk anti-aging dari prestige brand. “Hasil yang diperoleh, Pond’s age miracle terbaru unggul 84% dalam hal kepuasan responden terhadap produk secara umum.”

Inilah yang mendasari Pond’s merilis teknologi terbaik yang kini hadir pada New Pond’s age miracle. Pond‘s bertekad untuk memberikan solusi terbaik yang dapat menciptakan keajaiban pada kulit perempuan, juga keajaiban pada kehidupan perempuan. Hadir dalam 8 varian, yang terdiri dari 6 varian daily care dan 2 varian untuk special care, New Pond’s age miracle dengan teknologi anti-aging terbaik dan formula prestige kini sudah tersedia bagi perempuan Indonesia dengan harga terjangkau.

Bersama New Pond’s age miracle, perempuan Indonesia akan menemukan keajaiban kehidupan pada bab selanjutnya. “Hidupkan kembali cantik muda dan cintamu.”.HAL yang selalu diimpikan perempuan ialah menjadi cantik dan menemukan cinta sejatinya. Bahkan untuk menjadi cantik, kaum hawa tak segan merogoh kocek yang banyak dengan menggunakan perawatan kosmetik yang memberikan hasil instan, namun tidak menjamin khasiatnya.

2.7 Pond’s Age Miracle Hadir dengan Teknologi CLA (Conjugated Linoleic Acid)

Jadikan Kulit Tampak Lebih Muda Hanya dalam 7 Hari Pond’s Age Miracle, produk kecantikan kulit muka terbaru dari Pond’s resmi diluncurkan di pasar pada Desember tahun ini. Melalui terobosan revolusioner teknologi anti penuaan, Pond’s Age Miracle mampu menyamarkan kerutan pada kulit sehingga membuat kulit Anda tampak lebih halus, lembut dan bersinar.ease revise sesuai dengan consumer leaflet dan jangan lupa disclaimernya) “Hanya 7 hari vlek hitam & keriput mulai tampak berkurang secara nyata*” berdasarkan pembacaan chromameter dan foto ‘self assesment’ dalam uji klinis terhadap wanita Asia, tahun 2006.

Sebagai tanda diluncurkan nya Produk Pond’s Age Miracle, digelar acara beauty talkshow bersama Brand Ambassador Pond’s Age Miracle, yaitu pasangan selebriti Addie MS dan Memes serta Clara Kriswanto, Psikolog yang membahas ‘How to Revive Your Romance” di Dharmawangsa Hotel. Turut hadir pada acara talkshow adalah Ira Noviarti, Marketing Manager Skin Care PT Unilever Indonesia Tbk.; Dr. Pushker Sona, Head of SEA Unilever Skin Regional Technology Center dan Dwiwahyu Haryo, General Development Manager Home & Personal Care PT Unilever Indonesia Tbk.

Dalam presentasinya Dr. Pushker Sona menyampaikan, CLA berguna untuk meremajakan lapisan terdalam kulit, mengangkat sel-sel kulit yang lebih muda, baru, dan segar ke permukaan kulit. Kulit menjadi tampak senantiasa sehat luar dalam, sehingga membuat penampilan Anda tampak awet muda dan bersinar setiap saat. Kandungan unsur aktif CLA/asam linoleat terkonjugasi bekerja secara unik dan revolusioner, sehingga mampu meremajakan lapisan terdalam kulit kemudian menampilkan sel-sel kulit baru yang lebih muda dan segar ke permukaan.

Artinya, CLA membantu secara aktif proses peremajaan sel kulit 21% lebih cepat, termasuk memerangi garis-garis halus dan keriput pada kulit dan meningkatkan jaringan pendukung yang disediakan oleh kolagen, sehingga memberikan bantalan yang lebih baik bagi permukaan kulit. Hasil dari In Vitro Test, yaitu tes yang dilakukan terhadap ‘cultured cell’ – sel buatan/sintesis yang menyerupai kulit manusia, membuktikan bahwa dengan CLA, pertumbuhan sel meningkat bersamaan dengan proses aktif kulit yang lain, sehingga membuat kulit tampak kencang dan menyamarkan garis-garis penuaan.

“Sedangkan hasil uji ‘pakai dirumah’ (independent home-in-use test) yang kami lakukan memperlihatkan hasil 83% pengguna mengatakan Pond’s Age Miracle membantu mengurangi garis-garis halus dan keriput, 82% pengguna menyatakan tumbuhnya noda dan tanda-tanda penuaan berkurang dan 97% mengatakan bahwa Pond’s Age Miracle membuat kulit mereka terlihat lebih muda, cerah dan kencang setelah pemakaian 4 minggu berdasarkan ‘home in-use test’ terhadap 200 wanita Asia, tahun 2005.”, ujar Ira Noviarti, Marketing Manager Skin Care PT Unilever Indonesia Tbk.

Untuk membuktikan hal ini Pond’s Institute telah mengembangkan alat pembukti khusus, Pond’s Proof Kit, yang mengambil cetakan kulit keriput sehingga pengguna dapat memonitor kemajuannya. Dengan alat ini pengguna dapat melihat secara langsung bagaimana Pond’s Age Miracle membantu mengurangi keriput dan menampilkan warna kulit yang lebih merata hanya dalam beberapa minggu.

Hanya dalam 7 hari, vlek hitam dan keriput mulai tampak berkurang secara nyata, berdasarkan pembacaan chromameter dan foto ‘self assesment’ dalam uji klinis terhadap wanita Asia, tahun 2006.

Rangkaian Pond’s Age Miracle terdiri dari cream, serum, eye cream, facial foam, make up remover, dan toner. Kegunaan masing-masing produk adalah:

  • Pond’s Age Miracle Cream, dengan teknologi anti penuaan CLA yang tidak menyebabkan iritasi, mampu meningkatkan proses pembaruan sel kulit dengan merangsang pembentukan kolagen alami kulit sehingga menampilkan kulit yang lembut, tampak bersinar, lembab, lebih muda dan kencang, mengurangi noda gelap akibat penuaan serta menyamarkan garis halus dan kerut. Juga mengandung vitamin C, micro collagen dan SPF 15 PA++ untuk merawat dan melindungi kulit dari kerusakan akibat pengaruh sinar matahari.
  • Pond’s Age Miracle Serum, dengan teknologi anti penuaan CLA, juga vitamin C dan 300% lebih banyak micro collagen (dibanding Pond’s Age Miracle Cream) yang mampu membantu menyamarkan garis halus dan kerutan.
  • Pond’s Age Miracle Eye Cream, dengan teknologi anti penuaan CLA, juga mengandung vitamin C, micro collagen dan witch hazel extract untuk membantu menyamarkan garis halus dan kerut, mengencangkan kulit sekitar mata sekaligus mencerahkannya serta menyamarkan mata berkantung dan bengkak
  • Pond’s Age Miracle Facial Foam, dilengkapi teknologi anti penuaan CLA, vitamin C, micro collagen dan mild cleanser, pembersih yang lembut untuk kulit tampak lebih kencang, awet muda, bersinar dan tak bernoda. Dengan pro-moisture formula membersihkan tanpa menjadikan kulit kering dengan hasil kulit bersih dan lembut.
  • Pond’s Age Miracle Make-up Remover, dengan teknologi anti penuaan CLA yang tidak menyebabkan iritasi, mampu meningkatkan proses pembaruan sel kulit dengan merangsang pembentukan kolagen alami kulit , serta teknologi deep clean mengangkat make-up dari area sensitif pada wajah untuk kulit yang bersih dan halus. Dilengkapi vitamin C, micro collagen dan petroleum jelly untuk membersihkan sekaligus menutrisi kulit.
  • Pond’s Age Miracle Toner, dengan teknologi anti penuaan CLA yang tidak menyebabkan iritasi mampu mengangkat kotoran tanpa membuat kulit menjadi kering, sekaligus mempersiapkan kulit untuk langkah perawatan selanjutnya. Juga dilengkapi vitamin C, micro collagen dan cucumber extract untuk membersihkan kulit serta menutrisinya.

Pond’s Age Miracle bisa dibeli di toko kosmetik, toko obat seperti; Watson, Century, Guardian dan di Hypermarket & Supermarket dengan harga Rp 95,000 untuk Pond’s Age Miracle Cream 50ml. Pond’s Age Miracle mengajak dan menginspirasi perempuan untuk tampil percaya diri melalui serangkaian perawatan kecantikan yang telah terbukti berkhasiat bagi perempuan Asia setelah melalui pengembangan dan uji klinis selama 9 tahun di laboratorium Pond’s Institute.

2.8 PODUK Ponds dan Harga Pond’s

Pond’s Detox Complete Beauty Care Make Up Kit

Pond’s Detox Eye Shadow Blusher Lip Gloss, Creme Powder No. 1-2

Pond’s Detox Complete Beauty Care Eye Shadow Two Way Cake

Pond’s Detox Complete Beauty Care

. Pond’s Age Miracle Day and Night Cream


2.9 Harga Pond’s:
• Rp. 50.000, - Cream (Day) netto 50ml
• Rp. 55,000, - (Night Cream) netto 50ml
Pond’s Age Miracle Day and Night Cream Harga berkisar Rp25.000-Rp135.000 (terdiri enam produk) harga Rp 95,000 untuk Pond’s Age Miracle Cream 50ml.

2.10 Tips Terhindari Dari Pond’s Palsu

Jakarta - PT Unilever Indonesia Tbk sudah mengetahui jika produk kecantikan bermerek Ponds yang dinyatakan BPOM mengadung bahan kimia berbahaya adalah produk palsu. "Kalau produk yang asli sudah pasti kandungannya aman. Sudah mengantongi izin dan diketahui bahan bakunya apa. Tapi yang diberitakan BPOM adalah produk palsu yang memakai merek Ponds," kata Maria D Dwianto, Head of Corporate Communication PT Unilever Indonesia kepada okezone.
Hal lain, kata dia, produk Pond's Detox Eye Shadow Blusher Lip Gloss atau Pond's Detox Complete Beauty Care Make Up Kit dan lainnya, tidak ada variannya dalam produksi Unilever. "Jadi itu memang produk palsu," ungkap dia. Menurut Maria, kepastiaan bahwa produk Ponds yang mengandung bahan kimia berbahaya adalah palsu itu setelah mengecek langsung ke BPOM yang melakukan uji sampel produk kecantikan tersebut.
Sebelumnya, BPOM telah mengumumkan 70 merek kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Itu setelah diadakan uji laboratorium sejak September 2008 hingga Mei 2009. Ke-70 produk di atas ditengarai bisa memicu penyakit gangguan syaraf, gangguan perkembangan janin, serta penyakit kanker.
Produk-produk itu terbagi dalam empat kategori, yaitu kosmetik rias mata dan rias wajah, kosmetik pewarna rambut, kosmetik perawatan kulit, dan kosmetik mandi. BPOM menyebut merek Ponds dan Olay yang dilansir tersebut adalah produk palsu yang memang hanya ingin nebeng merek terkenal. Berdasarkan hasil pengawasan sampling dan pengujian laboratorium sejak September 2008 hingga Mei 2009, ke 70 produk itu terbukti mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, hidrokinon, asam retinoat, zat warna merah K3, K10, dan jingga K1.

PT Unilever Indonesia Tbk juga akan mengoptimalkan program edukasi konsumen dalam mengantisipasi pemalsuan produk, dari pada menempuh jalur hukum. Meski demikian, mengugat pihak yang memalsukan produk tidak menutup kemungkinan dilakukan, mengingat hal serupa memang sudah dilakukan.

Demikian dikemukakan Maria D Dwianto, Head of Corporate Communication PT Unilever Indonesia kepada okezone, menanggapi adanya pemalsual produk Ponds yang hasil uji BPOM mengandung bahan kimia berbahaya. "Kami mementingkan edukasi ke konsumen untuk memberantas pemalsuan. Tindakan pemalsuan itu diluar wilayah kami, tapi bisa bekerja sama dengan polisi dalam mengusutnya," papar dia.

Langkah edukasi konsumen yang dilakukan bersama Asosiasi Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan dimaksudkan agar konsumen lebih cermat dan tidak mudah tertipu dengan produk palsu. Maria mengakui memang sepintas untuk membedakan antara produk yang asli dan palsu tidak mudah. Tapi di BPOM mudah dikenali sebab ada nomor registrasinya. "Memang agak tricky dan sulit, namun di BPOM akan mudah karena kami tidak mengeluarkan varian itu. Tapi ada juga yang meniru 100 pesen produk kami," ungkap dia PT Unilever Indonesia Tbk mengimbau konsumen agar hati-hati dalam menggunakan produk kecantikan terlebih yang dipalsukan karena akan membahayakan kesehatan.
Imbauan ini terkait adanya pemalsuan produk Ponds yang diketahui lewat uji sampel yang dilakukan BPOM, di mana positif mengandung bahan kimia berbahaya Sebab itu, Maria Dwianto, Head of Corporate Communication PT Unilever Indonesia memberikan sedikit tip untuk mengenali produk aspal itu yakni dengan cara mengecek nomor regristrasi, kondisi kemasan dan isi produk..
"Kalau ada kenjanggalan, maka harus hati-hati," imbuhnya kepada okezone.Selain itu, konsumen harus curiga jika ada produk yang dijual dengan harga jauh lebih murah dari yang asli. "Jangan percaya pada produk Ponds yang sangat murah. Segera hubungi layanan konsumen Unilever untuk mengeceknya," terang Maria yang menambahkan pihaknya juga mengimbau retail untuk hati-hati dalam menjual produk yang diduga palsu.







BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kami ambil dari uraian di atas adalah :

Mahasiswa dapat mengetahui Analisis Swot dari produk kecantikan yaitu POND’S dan dapat mengetaui Kekuatan,Kelemahan.Peluang dan Ancaman serta Strategi dan Taktik dari produk Pond’s.Mahasiswa dapat mengetaui Pond’s Age Miracle bahan ya

3.2 Saran

Kami menyadari dalam menyusun makalah ini banyak kekurangan dan keterbatasan referensi yang kami miliki. Maka demi kesempurnaan makalah ini, kami mengharap saran dari pembaca dan apabila terdapat banyak kesalahan kami mohon maaf.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.google.com

http://www.yahoo.com

1 komentar: